Levi Celerio: Satu-satunya Pemain Daun di Dunia

Dia telah dianugerahi sebagai "Artis Nasional untuk Sastra dan Musik." Tetapi ketika Anda bertemu dan berbicara dengan Levi Celerio, Anda dengan mudah melihat bahwa baginya, semua kehidupan adalah seni, dan ia telah melukisnya dengan baik.

Orang Filipina ini ditampilkan dalam Guinness Book of World Records sebagai "Satu-satunya Pemain Daun di Dunia." Selain itu, dia muncul di program televisi, "Itu Luar Biasa dan Percaya atau Tidak."

Karena itu saya merasa beruntung karena telah ditugaskan oleh editor saya (Nancy Reyes Lumen / Mona Gonzalez) untuk mewawancarai pria yang luar biasa ini. Selama wawancara, yang kami adakan pada Jumat malam di Mario's Restaurant di Quezon City, Levi berbicara tentang banyak hal. Diantaranya: petunjuk diksi, penggunaan kata-kata tertentu dalam tata bahasa, bukunya yang sedang dalam proses diterbitkan, dan Konfusius. Kami pribadi percaya bahwa pada usia 91 tahun, Levi terlalu muda untuk mengutip guru kuno.

Tapi Levi berkata, bahwa Konfusius mengatakan bahwa seseorang harus memilih pekerjaan yang disukai. Dengan begitu, Anda akan menemukan bahwa Anda tidak bekerja sehari dalam hidup Anda, karena pekerjaan Anda telah menjadi rekreasi Anda.

Dia telah menulis sekitar 4.000-5000 lagu dan beberapa diantaranya adalah lagu yang paling disukai (dalam bahasa Filipina). Dia juga menulis beberapa lagu populer yang dinyanyikan oleh penyanyi Filipina seperti almarhum Ric Segreto ("Kahit Konting Pagtingin" / Bahkan Sedikit Kelembutan).

Kemudian tiba-tiba, dia berkomentar "Saya suka hal-hal yang tidak bisa diajarkan oleh buku." Dan jelas, dia suka menghibur juga. Bayangkan makan dengan musik disusun dan dilakukan oleh tidak kurang dari Artist Nasional kita sendiri? Tentunya, makanan seseorang dicerna dengan baik.

Kami ditemani selama wawancara oleh dua putra Levi, yaitu Edmund dan Joey, dan terbukti bagaimana mereka menikmati satu sama lain. Joey adalah seorang seniman / animator. Yah, itu berjalan dalam keluarga – seni dan gairah. Tiba-tiba, Joey mengeluarkan beberapa kertas seni dan mulai menggambar Levi dan saya selama wawancara.

Apa yang Artis Nasional makan? Levi mengatakan dia makan sayur, buah, dan makanan laut. Dia juga pergi untuk permen, tetapi memperingatkan bahwa mereka tidak pantas untuk penderita diabetes. Dan kemudian, ada makanan favoritnya Filipina (lechon) dan Cina (patatim).

Hanya dalam beberapa menit, sketsa Joey selesai. Saya mengakhiri wawancara berterima kasih padanya dan tercurah. Saya belum pernah belajar banyak dalam semalam, kata saya. Dengan rendah hati dia menjawab, "Ini adalah pemberian saya dari Tuhan, dan saya harus membaginya dengan orang lain." Kemudian dia menambahkan, "Saya mungkin melupakan hal-hal yang saya berikan, tetapi saya berharap untuk mengingat setiap hal kecil yang saya terima, tidak peduli seberapa kecil." Lihat apa yang saya maksud dengan seni dan kehidupan?

Levi Celerio meninggal pada 2002. Semoga dia beristirahat dengan Yesus selamanya. Terima kasih, Sir Levi, saya tidak akan pernah melupakan Anda.

Rose Flores Martinez

IShallWrite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *